Date Archives Juli 2020

(N)egoisasi: Takut Benar Salah Mengalah

PS: Males banget ngasih PS, cuma masih ada aja orang yang susah payah menanggapi tulisan saya. Tulisan ini 100% opini saya, benar atau salah itu tidak bisa dinilai secara objektif, jadi jangan susah-susah menyangkal. Tapi terserah kalau masih ingin melakuka hal itu, saya sama sekali tidak keberatan, kalau bisa komentar di tulisan saya tentang pendapat kamu, bukan di tempat lain.

“Kita adalah sepasangan sepatu, selalu bersama tak bisa bersatu.”

Sedikit penggalan lirik lagu Sepatu oleh Tulus untuk mengawali tulisan ini. Sebenarnya lagu itu sedikit banyak menggambarkan situasi hati gua saat ini. Lagu yang instrumennya asik dan liriknya agak sedih itu berhasil membuat diri gua tersadar akan banyaknya jenis cinta dan salah satunya adalah yang digambarkan oleh lagu itu.

Lagu-lagu tulus emang hampir selalu berhasil membuat orang relate dengan lirik-liriknya yang apik dan tertata rapih. Hampir setiap alunan nada lagu populernya bisa membuat orang yang mendengarkan. Tapi bukan itu yang mau gua bahas atau ceritain di sini, melainkan kata “takut” dalam lirik lagu Sepatu.

Lagu tersebut amat sangat menggambarkan bahwa hubungan yang dimiliki oleh sepasangan sepatu tersebut sama sekali tidak seperti yang mereka inginkan. Karena, mereka dikendalikan oleh orang lain (dalam hal ini kaki) dan sepasang sepatu adalah ilustrasi yang sangat tepat untuk menggambarkan sebuah hubungan yang banyak dipengaruhi oleh hal-hal dari luar.

Kita emang butuh masukan dari orang lain, tapi kalau kita tidak dapat menyaring masukan tersebut dan terus-terusan melakukan apa saja yang mereka katakan, itu adalah hal yang salah. Tulus mencoba menggambarkan salah orang dalam sebuah hubungan seperti itu melakukan apa saja yang diperintahkan orang lain.

“Ku senang bila diajak berlari kencang

Tapi aku takut kamu kelelahan

Ku tak masalah bila terkena hujan

Tapi aku takut kamu kedinginan”

Kata ku senang dan tak masalah adalah bentuk mengalah dari sepatu kanan yang pasangannya (kiri) selalu mengiyakan masukan orang lain. Kata takut adalah rasa khawatir yang dialami oleh sepatu kanan yang diajak lari oleh sepatu pasangannya (kiri).

Jelas bahwa hubungan seperti ini tidak sehat, apalagi jika ketakutan pasangannya itu diabaikan.

Have a nice day you all

Susah Gampang Menggambar di Adobe Ilustrator

Karena liburan semester telah tiba lagi, dan menunggu blog utama yang tak kunjung mendapat kabar dari google adsense, akhirnya gua memutuskan untuk belajar sedikit desain grafik (sembari nunggu selesai download GTA V xixixi). Bermodalakan tutorial di Youtube, gua udah mulai memahami fungsi-fungsi menu dan alat yang ada di toolbar pada AI.

Untuk retangle seperti persegi, segitiga, lingkaran, dan segi lainnya udah lumayan lah. Tapi biasanya alat yang paling sering digunakan oleh desainer grafik itu pen tool. Kalo kata tutor yang ada di Youtube yang gua tonton, pen tool itu gampang dalam prinsip (keliatannya gampang) tapi pengaplikasiannya susah. Yang terpenting latihan aja terus, coba gambar dari yang gambar yang udah ada yang sekiranya mudah dan ringan.

Nah, gambar yang pertama gua ciptakan menggunakan ai adalah es krim. Bener-bener gampang banget buat gambar es krim di ai itu. Cuma modal 4 persegi dan 1 lingkaran, ditambah 3 warna dasar, coklat untuk stik es krim dan warna biru mudah dan biru tua untuk es krimnya sendiri.

Begitu lah kira-kira kerangkanya.

Yang kedua gua gambar logo Instagram. Gambar ini pure ikut tutorial, bukan pemikiran gua sendiri.

Setelah cukup paham tentang retangle dan fungsi dasar pathfinder. Gua langsung belajar pen tool. Tool yang amat paling penting dan sering digunakan. And..

Karena udah pernah juga belajar Adobe Photoshop waktu SMK, jadi nggak kaget sih sama mekanismenya. Bener-bener nggak ada bedanya pen tool dari dulu sampe sekarang. Yaa walau sekarang agak kaku sih.

Jadi itu lah kegiatan yang gua lakukan di kala gabut dan libur. Selain belajar gambar, gua juga lagi ikut kelas tanpa batas Tempo Institute tentang Jurnalisme Investigasi. Sebenernya mau cari kerja di luar, tapi keadaannya lagi begini.

Sehat selalu semua!