Menulis Berita: Pengertian Berita

Berita merupakan sajian utama sebuah media massa. Mencari dan menyusun berita adalah sebuah tugas utama seorang jurnalis. Pengertian berita tidak dapat dipastikan, ada banyak sekali versi pengertian berita dari berbagai ahli.

Earl English dan Clrarence Hack berkata, “News is difficult to define,“. Sangat sulit untuk medefiniskan berita, karena mencakup banyak faktor variabel. Namun, para ahli mencoba merumuskan definisi (batasan pengertian) berita, dengan menggunakan penekanan yang berbeda terhadap unsur yang dikandung sebuah berita.

Misalnya Notchlife, menekankan pengertian berita pada unsur “keanehan” atau ketidaklaziman, sehingga mampu menarik perhatian dan rasa ingin tahu.

Jika seekor anjing menggigit manusia, itu bukanlah berita. Tetapi jika manusia menggigit seekor anjing, itulah berita.

Kita boleh saja tidak sepakat terhadap pandangan Notchlife, karena jika yang digigit adalah orang yang penting, maka itu juga bisa disebut berita. Intinya, sebuah cerita dapat dijadikan berita jika cerita tersebut menarik dan menggugah rasa ingin tahu.

Jika Notchlife mengutamakan unsur keunikan, Mitchel V. Charnley mengemukakan pengertian yang bisa dibilang lebih lengkap.

“Berita adalah laporan tercepat dari suatu peristiwa atau kejadian yang faktual, penting, dan menarik bagi sebagian besar pembaca, serta menyangkut kepentingan mereka”.

Dari pengertian di atas, kita dapat melihat terdapat beberapa unsur yang harus ada sekaligus menjadi “karakteristik utama” untuk sebuah berita agar dapat dipublikasikan di media massa. Nah, keempat unsur ini disebut dengan nilai-nilai berita (news value) atau nilai-nilai jurnalistik.

  1. Cepat, aktual atau ketepatan waktu. Artinya adalah sebuah berita harus sesuatu yang baru (new) dan segar (fresh), tulisan yang memberitahu pemahaman dan informasi baru kepada pembacanya.
  2. Nyata (faktual). Berita harus berisi sebuah fakta bukan karangan atau fiksi. Fakta dalam dunia jurnalistik terdiri dari kejadian nyata (real event), pendapat (opinion), dan pernyataan (statement) sumber berita. Sebuah berita harus merupakan informasi sesuatu yang sebenarnya atau fakta sebagaimana adanya.
  3. Penting, menyangkut kepentingan orang banyak. Misalnya peristiwa yang berpengaruh atau akan berpengaruh pada kehidupan masyarakat secara luas, atau perlu diketahui oleh orang banyak. Seperti kebijakan baru pemerintah, kenaikan harga, dan hal penting lainnya.
  4. Menarik, mengundang orang agar membaca. Di samping ketiga unsur yang tadi disebutkan, juga berita yang sifatnya menghibur (entertaint), mengandung keganjilan atau keanehan, atau berita human interest (menyentuh emosi, menggugah perasaan).

Singkatnya, berita adalah laporan peristiwa yang memenuhi keempat unsur tersebut.

(Visited 2 times, 1 visits today)

Leave A Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *